Apa Itu Nama Domain

Apa Itu Nama Domain

Tidak hanya cukup menyewa web hosting agar situs kita dapat berjalan. Salah satu komponen penting dari suatu situs adalah nama domain atau domain name. Pada artikel kali ini saya akan coba menjelaskan mengenai nama domain.

Apa Itu Nama Domain

Nama domain atau domain name simpelnya itu adalah nama dari situs kamu, seperti misalnya www.facebook.com. Domain name merupakan alamat dimana pengguna internet tinggal mengetik alamat tersebut untuk mengakses situs kamu. Nama ini digunakan untuk menemukan dan mengidentifikasi komputer server tempat kamu menyimpan file situs di internet.

Sebenarnya komputer menggunakan alamat IP, dan pengunjung bisa saja langsung menulis alamat IP. Namun alamat IP ini merupakan kombinasi angkat, yang bisa dibilang sulit untuk diingat. Seperti misalnya alamat IP server Facebook adalah 157.240.7.35, coba bandingkan dengan www.facebook.com, mana yang paling mudah untuk kamu ingat dan kamu ketik? Inilah yang membuat domain name sangat penting bagi situs kamu, karena juga dapat menjadi identitas bagi situs kamu.

Domain name dapat dibuat dengan kombinasi huruf dan angka, dan pada bagian belakangnya terdapat ekstensi seperti .com, .co.id, dan sebagainya yang disebut dengan Top Level Domain (TLD).

Sebelum menggunakan nama domain pilihan kamu, kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Setiap domain name unik, jadi hanya satu situs yang dapat menggunakannya.

Kenapa Kamu Butuh Nama Domain

Di internet, kamu membutuhkan domain name sebagai identitas unik situs kamu. Setiap individu, bisnis atau organisasi yang memiliki rencana untuk kehadirannya di internet harus berinvestasi pada domain name. Memiliki domain name, situs dan alamat email kamu terlihat lebih profesional. Alasan lain untuk mendaftarkan domain name adalah untuk melindungi merek dagang, membangun kredibilitas dan meningkatkan brand awareness, serta untuk mencari posisi di search engine.

Bagaimana Cara Untuk Mendapatkan Nama Domain

Nama domain harus kita daftarkan terlebih dahulu, ada yang gratis namun ektensinya kurang popular dan juga yang berbayar. Untuk biayanya berbeda-beda untuk setiap ekstensinya, dan juga sistemnya kita tidak membeli tetapi menyewanya. Kita tidak membayar satu kali untuk selamanya, biasanya kita menyewanya pertahun. Setelah habis masa kontraknya kita harus mendaftarkannya kembali, kalau tidak nama domain kita bisa dimiliki oleh situs lain yang bukan milik kita.

Untuk mendaftar domain name, bisa melalui penyedia web hosting dimana kita menyewa hosting untuk menyimpan situs kita. Biasanya penyedia web hosting menawarkan paket, dengan berlangganan web hosting paket tertentu gratis menyewa domain name.  Atau juga bisa memilih ekstensi lain yang lebih eksklusif.

Jika kamu ingin mendaftarkan nama domain bisa melalui Jakartawebhosting, dengan biaya berlangganan yang menarik. Selain itu kamu juga menyediakan paket web hosting dengan harga yang menarik.