Cara Mengirim Email Menggunakan SMTP Joomla

Cara Mengirim Email Menggunakan SMTP Joomla

Secara default Joomla menggunakan fungsi php mail untuk mengirim email. Jika kamu ingin menggunakan SMTP Joomla daripada PHP mail, karena server hosting yang kamu gunakan tidak mendukungnya, cara untuk men-settingnya cukup mudah.

Terkadang PHP mail juga bisa memberikan error di Joomla seperti: “Could not instantiate mail function error” – menggunakan SMTP akan menghindari masalah ini terjadi.

Settings SMTP Joomla

Perlu diperhatikan untuk menggunakan SMTP di Joomla, kamu harus mempunyai alamat email yang valid untuk mengirim email melaluinya. Jadi sebelummelakukan setting, kamu harus membuat akun email terlebih dahulu jika memang kamu belum mempunyai email khusus untuk website kamu ini.

Sebaiknya kamu membuat akun email dengan domain sesuai nama website kamu, seperti misalnnya [email protected]

Langkah selanjutnya adalah mengkonfigurari SMTP:

  1. Login ke Joomla administrtor
  2. Klik di System-> Global Configuration
  3. Klik di tab Server
  4. Pada menu Mail Settings, masukan detil berikut ini.
    • Set SMTP ke Yes.
    • Set SMTP Authentication ke Yes.
    • Cek jika SMTP server menggunakan SSL/TLS atau tidak (kamu bisa menanyakannya kepada penyedia layanan server hosting yang kamu gunakan). Jika menggunakan SSL atau TLS kamu perlu memasukan port yang dibutuhkan untuk server SMTP.
    • Masukan username SMTP, biasanya adalah alamat email.
    • Masukan password SMTP, ini merupakan password dari email kamu.
    • SMTP Host adalah localhost, jika server SMTP sama dengan server yang kamu gunakan, atau server SMTP sudah ditetapkan oleh penyedia server (maka kamu perlu menanyakannya kepada mereka mengenai detil dari server SMTP).

Pada banyak kondisi cara ini bisa dilakukan untuk mensetting email SMTP Joomla. Setelah melakukan setting, pastikan SMTP telah benar-benar bekerja dan juga pastikan semuanya username, password dan detil SMTP Host telah benar. Biasanya hal inilah yang dilakukan untuk mensetting SMTP di Joomla.

Apabila Anda sedang mencari web hosting yang cepat dan handal untuk Anda gunakan pada website, Anda bisa mengandalkan //www.jakartawebhosting.com sebagai web hosting terpercaya Anda. Karena Jakartawebhosting.com menyediakan web hosting Indonesia, web hosting dengan server yang menggunakan HDD maupun SSD yang sangat terjamin kecepatan dan sumber daya resourcenya. Anda cukup pilih mana yang Anda inginkan.

Selain itu, Anda juga bisa membeli nama domain dengan harga domain murah se Indonesia di Jakarta Web Hosting Indonesia. Bila anda sebuah perusahaan, anda ingin menggunakan layanan Cloud Hosting? Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Cloud Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data serta server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu anda 24 jam setiap hari dan biaya langganan yang menarik.

.