Joomla versus WordPress untuk Website

Joomla versus wordpress untuk situs

Joomla versus WordPress untuk Website

Ada banyak pilihan CMS yang bisa Anda gunakan untuk membangun sebuah situs sesuai dengan konsep yang Anda inginkan. Setiap CMS yang digunakan di internet tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. CMS juga dibuat dengan konsep yang cukup berbeda. Untuk membangun sebuah situs dengan konsep tertentu.

Anda bisa mengandalkan WordPress atau Joomla. Kedua CMS ini adalah pilihan tepat untuk digunakan karena keduanya digunakan begitu banyak website developer untuk membangun situs dengan beragam konsep. Jika Anda belum memilih satu antara dua pilihan tersebut, Anda mungkin perlu mengetahui perbandingan keunggulan, kelemahan, dan fitur yang ada dalam Joomla ataupun WordPress. Jadi pada kali ini saya akan membandingkan Joomla versus WordPress

Joomla

Joomla memang menjadi salah satu primadona bagi pengguna CMS untuk saat ini. Keunggulan utama Joomla adalah sifatnya yang sangat fleksibel.  Kemudahan juga ditawarkan oleh Joomla. Bahkan, pemula sekalipun bisa menggunakannya dengan mudah tanpa kesulitan yang berarti. Anda bisa menerapkan CMS ini untuk membangun berbagai macam situs.

Anda bisa membangun forum atau situs e-commerce dengan CMS ini. Konsep website berbasis Joomla biasanya sederhana dan ringan. Loading bisa berjalan lebih singkat dengan CMS ini. Tidak sedikit website besar dengan trafik tinggi menggunakan CMS ini. Sifatnya yang open source juga menjadi keunggulan menarik. Anda tidak harus membayar untuk menggunakan fitur istimewa CMS ini. Jika Anda menemukan kesulitan untuk membangun website dengan konsep tertentu, Anda memanfaatkan theme dan plugin yang tersedia. Plugin tersebut bisa membuat situs Anda menjadi lebih menarik.

Selain itu, Joomla juga didukung oleh banyak komunitas yang mau membagi ilmunya dengan pengguna Joomla lainnya. Saat Anda menemukan masalah, Anda bisa menemukan solusinya dengan cepat melalui forum tersebut. Namun, ada beberapa kelemahan Joomla yang perlu diketahui. Dibandingkan dengan WordPress, Joomla masih kalah dalam aspek SEO. Selain itu, fitur Joomla bisa dibilang cukup terbatas untuk pengguna CMS yang sudah berpengalaman.

WordPress

WordPress adalah pesaing Joomla yang juga dilengkapi dengan fitur unggulannya. WordPress hadir dengan segudang fitur menarik untuk membuat website sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada banyak plugin dan theme yang tersedia untuk CMS ini. Untuk mendapatkan fitur tersebut, WordPress tidak menarik biaya apapun karena bersifat open source. WordPress juga dikenal dengan kemampuannya yang lebih baik dalam SEO.

Dengan CMS ini, situs Anda mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk menempati urutan teratas dalam hasil pencarian mesin pencari. Selain itu, kepopuleran WordPress juga tidak terbantahkan lagi. Sekitar 40% dari semua situs di internet menerapkan CMS ini. Selain itu, WordPress juga sangat populer di kalangan blogger. Namun, WordPress juga mempunyai kekurangan layaknya Joomla. WordPress mungkin tidak terlalu user friendly bagi pemula yang masih dalam tahap belajar. Fitur dan plugin mungkin belum bisa digunakan secara maksimal.

Kesimpulan Joomla versus WordPress

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, setiap CMS tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda memang membutuhkan sebuah CMS dengan konsep yang sesuai dengan website Anda. Jika Anda menginnginkan hasil terbaik dari CMS tersebut, Anda tentunya harus menekuninya untuk menggunakan semua fitur yang ada. Jadi, pilihan Anda sebenarnya tidak harus bergantung pada satu CMS tertentu. Pilihan CMS yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan Anda. Sebelum memilih salah satu CMS, Anda harus menentukan konsep dan tujuan website yang akan Anda buat. CMS bisa membantu Anda merealisasikan konsep tersebut.

Joomla versus WordPress, apa kah pendapat Anda, silahkan coba di //www.jakartawebhosting.com