Membuat Website Joomla Yang Mobile Friendly

Di masa sekarang ini perkembangan gadget sangatlah pesat, perkembangan gadget yang paling menonjol terletak pada perangkat Mobile Phone. Pertumbuhan pengguna Mobile Phone yang sangat pesat ini ternyata berpengaruh juga terhadap perubahan kebiasaan pengguna internet. Jika sebelumnya pengguna internet kebanyakan menggunakan gadget seperti Laptop atau PC, namun di masa sekarang ini pengguna internet lebih banyak mengandalkan perangkat Mobile Phonenya untuk mengakses internet. Karena menurut mereka hanya dengan Mobile Phone saja mereka sudah bisa mendapatkan semua informasi yang ada di internet kapan saja, dimana saja, dan mudah dibawa kemana – mana.

Perkembangan perangkat Mobile Phone ternyata tidak hanya merubah kebiasaan pengguna internetnya saja. Tapi penyedia layanan informasi atau mesin pencari pun ikut merubah peraturan yang ada. Contohnya saja Google, Sadar akan pertumbuhan pengguna internet yang mengakses internet lebih mendominasi daripada melalui perangkat lainnya. Oleh karena itu Google pun mengeluarkan algoritma baru yaitu Mobilegeddon yang mengharuskan pemilik web untuk merubah tampilan web mereka menjadi responsive atau lebih dikenal dengan Mobile Friendly. Jika kalian membuka Google melalui Browser Mobile Phone kalian. Maka kalian akan menemukan tulisan “Mobile Friendly” dibawah URL.

Seperti CMS lainnya yang sudah mempersiapkan untuk menghadapi algoritma tersebut, Joomla pun melakukan hal yang serupa. Sebenarnya secara mendasar Joomla versi 3 sudah mendukung untuk tampilan Web yang responsive sehingga dengan begitu kalian bisa membuka Web tersebut dengan tampilan yang secara otomatis akan menyesuaikan dengan ukuran layar laptop ataupun Mobile Phone. Untuk membuat tampilan Website Joomla kalian menjadi Mobile Friendly maka kalian bisa memanfaatkan beberapa Template dan Ekstensi Joomla yang bisa mendukung hal tersebut.

1. Template Framework Helix

Template Framework hasil pengembang template Joomla bernama JoomShaper turut meramaikan jajaran Template Framework ini sudah banyak digunakan oleh pengguna Joomla. Hal ini disebabkan karena Joomshaper sebagai pengembang Template Joomla menawarkan bermacam – macam Template yang memudahkan pengguna Joomla untuk mengembangkan Template yang lebih kreatif dan didukung dengan banyak fitur seperti tampilan Responsive Web Design. Namun masih ada banyak Template Framework yang sudah menyediakan fitur Responsive Web Design. Jadi sebaiknya kalian juga ikut memilih template pilihan kalian masing.

2. Ekstensi Mobilize

Ekstensi yang mempunyai nama lengkap JSN Mobilize ini merupakan hasil pengembangan dari salah satu pengembang Ekstensi Joomla yang bernama Joomla Shine. Ekstensi ini sangat cocok untuk kalian yang serius dalam menggunakan Joomla, karena Ekstensi ini menyediakan cara yang berbeda dalam menghasilkan sebuah Website yang Mobile Friendly. Namun sayangnya untuk menikmati fitur tertentu kalian harus mengeluarkan biaya di mulai dari 49$. Tetapi jika kalian hanya berniat untuk mencoba Ekstensi ini, kalian bisa menikmati versi gratisnya dengan batasan fitur – fitur yang diberikan.

Mungkin sekian informasi dari saya untuk Membuat Website Joomla Yang Mobile Friendly. Selamat mencoba.

Presented By Jakartwebhosting.com

Jakarta Web Hosting Indonesia
Jakarta Web Hosting Indonesia