Mengenal Apa Itu Web Hosting

Mengenal Apa Itu Web Hosting

Salah satu syarat penting agar situs yang kita bangun bisa tayang di internet dan diakses oleh siapa saja adalah web hosting. Pada post kali ini saya akan coba menjelaskan apa itu web hosting?

Apa Itu Web Hosting

Web hosting atau web host merupakan layanan yang memungkinkan organisasi atau individu untuk menyimpan file situsnya ke internet, sehingga pengunjung dapat mengakses situsnya tersebut. Penyedia web host, merupakan bisnis yang menyediakan teknologi dan layanan yang dibutuhkan untuk situs agar dapat diakses dari internet. Tempat untuk menyimpan file situs ini di internet adalah komputer khusus yang dipanggil dengan server.

Ketika pengguna internet ingin mengunjungi situs kamu, yang perlu dilakukan adalah dengan mengetikan alamat situs atau domain pada aplikasi browser yang mereka gunakan. Browser ini kemudian akan melakukan koneksi ke server kamu dan halaman situs kamu akan dikirimkan ke mereka melalui browser.

Yang perlu diingat bahwa web host hanya digunakan untuk menyimpan file-file situs kamu seperti database, gambar-gambar, JavaScript dan lain sebagainya. Satu lagi syarat penting agar situs kamu dapat berjalan adalah nama domain atau alamat situs kamu seperti contohnya adalah www.google.co.id. Meski sebenarnya bisa memanggil situs dengan alamat IP, tetapi lebih mudah menggunakan nama domain.

Web hosting dan domain merupakan dua layanan yang berbeda, tetapi biasanya penyedia web host juga menawarkan layanan untuk membeli nama domain, dan seringkali mereka menawarkan keduanya dalam satu paket.

Tipe Web Hosting

Ada dua tipe web hosting berdasarkan sistem operasi yang bisa kamu pilih: Windows hosting dan Linux hosting. Keduanya berbeda dari segi platform dan harga, Windows lebih mahal karena harus membayar lisensinya.

Pilih Linux jika menggunakan platform seperti PHP, Perl, Python atau bahasa Unix lainnya, dan menggunakan database seperti MySQL dan PostgreSQL. Pilih Windows jika menggunakan ASP atau .NET atau teknologi Microsoft lainnya, dan menggunakan database Access atau Microsoft SQL Server.

Selain berdasarkan sistem operasi, web host juga tersedia dalam beberapa tipe, seperti shared hosting, VPS, cloud hosting, dan dedicated hosting.

Jika ingin mengetahui tipe-tipe web hosting beserta harga paket yang ditawarkan, bisa langsung mengunjungi situs kami di Jakartawebhosting.com. Di sini kamu juga bisa langsung bertanya kepada kami melalui fitur Live Chat.