Mengenal Konsep Dasar Joomla

Mengenal Konsep Dasar Joomla

Mengenal Konsep Dasar Joomla
Mengenal Konsep Dasar Joomla

Joomla adalah salah satu CMS yang bersifat open source, di mana dapat digunakan untuk membuat web sederhana hingga paling kompleks. Penggunanya dapat menghapus, memodifikasi, maupun menambah script yang disertakan dalam software tersebut.

Joomla terdiri dari tiga elemen dasar, yaitu server web (webserver), skrip PHP dan basis data MySQL. Server web terhubung dengan internet/intranet yang berfungsi sebagai penyedia layanan situs. Skrip PHP terdiri dari kode program dalam bahasa PHP dan basis data merupakan tempat penyimpanan konten.

Joomla merupakan salah satu software handal untuk berbagai keperluan sesuai dengan kebutuhan penggunanya, yang menggunakan apache sebagai server web dan MySQL untuk basis datanya. Banyaknya aplikasi yang bisa disisipkan ke dalam website, membuat Joomla dapat digunakan sebagai alternatif utama ketika membangun website.

Selain itu, Joomla juga dapat dimanfaatkan ketika memutuskan untuk mulai mengembangkan dan mengelola website dinamis secara cepat dengan tidak mengesampingkan keindahan tampilan dan fitur-fitur yang sangat beragam.

Joomla terdiri dari lima bagian, yaitu:

  1. Content
  2. Component
  3. Modul
  4. Plugin/mambot
  5. Template
  6. Menu

Berikut beberapa informasi penting seputar Joomla yang bisa Anda ketahui.

  • Joomla tidak mengenal halaman, tapi hanya berupa menu/link yang merujuk ke content dan component (link internal), dan link external.
  • Content merupakan isi dari website yang Anda tempilkan, seperti profil, berita, artikel, dsb.
  • Component merupakan halaman yang berupa tampilan dari script-script yang sudah dicustomize, contohnya seperti galeri foto, halaman contact, guestbook, forum, dll.
  • Module mirip seperti component, bedanya component ditampilkan satu halaman penuh, sedangkan module hanya ditempelkan di halaman. Satu halaman dapat menampilkan lebih tanpa mengatur secara detail seperti component.
  • Plugin itu pelengkap dari component dan module.
  • Templatenya mudah diganti sesuai selera.
  • Menu link berfungsi untuk memanggil halaman internal dan eksternal.